Muffin choco almond

Muffin coklat ini dibuat untuk cemilan anak -  anak, nyoba resep muffin tanpa mixer. Dan benar -benar anti ribet karena tidak pakai mixer...hasilnya anak - anak dan suami suka, manisnya pas, gak terlalu padat seperti muffin biasanya..


Ini resepnya

Muffin Coklat ala Nur El
Saya modifikasi sedikit...:)

Bahan:

1. Tepung terigu 200 gr.
2. Margarin 100 gr, cairkan, diamkan hingga dingin.
3. Telur 2 butir.
4. Susu cair 150 ml.
5. Chocolate chip 30 gr. ( Aku ganti kacang almond)
6. Coklat bubuk 50 gr. (Aku ganti dark cooking chocolate 75 gr yang dicairkan bersama mentega, karena persediaan coklat bubuk habis..)
7. Gula halus 120 gr. ( aku pakai 150 gr )
8. Baking powder 1 1/2 sdt.
9. Soda kue 1/3 sdt. ( aku skip, lagi gak ada persediaan )
10. Perisa vanila susu 1/4 sdt, berbentuk bubuk. ( aku ganti pasta vanila )
11. Gula palem 50 gr. (Aku skip, lagi gak ada persediaan)

Taburan: Chocolate chip 20 gr. ( atau banyaknya sesuka hati )
Olesan loyang: margarin secukupnya. (saya gak pakai, karena loyang muffin langsung  diberi paper cup )


Cara membuat:

1. Panaskan oven 190 derajat celsius kurleb 15 menit (oven gas).

2. Siapkan loyang muffin ukuran besar berlubang 12, olesi deangan margarin.

3. Dalam baskom besar, campur tepung terigu, gula halus, susu bubuk, maizena, perisa vanila susu, soda kue dan baking powder aduk hingga rata, sisihkan.

4. Campur margarin cair,susu, dan telur, aduk dengan pengocok kawat. Setelah merata, tuang adonan kedalam baskom besar yg berisi tepung terigu dng bahan kering lainnya, tambahkan keju dadu, aduk asal dng menggunakan spatula, jng terlalu lama ngaduknya yah asal tercampur aja (yg pasti adonannya tidak cair seperti adonan sponge cake).

5. Tuang adonan kedalam  lubang cetakan hingga hampir penuh.

6. Masukkan kedalam oven, panggang kurleb 20 menit dng suhu 190 derajat celsius hingga matang dng api bawah saja. Letakkan pada rak ditengah agar dasar muffin tdk terlalu kering ataupun gosong.

7. Keluarkan loyang dr dalam oven, biarkan selama 5 menit. Pindahkan keatas rak kawat, biarkan hingga hangat dan sajikan.




Silahkan dicoba..hasilnya jadi 11 muffin

Komentar